SSD V-Gen 512GB SATA III 2,5 Inch

SSD yang satu ini merupakan pengganti kelas 500GBan dari V-GEN, dari sebelumnya 480GB, seri barunya keluar dengan kapasitas 512GB, bagaimana performanya? Berikut ini beberapa tes singkat yang sudah saya lakukan dengan beberapa software benchmark dan tes transfer / copy file.

Pengujian menggunakan aplikasi CrystalDisk Mark dan AS-SSD, sedang transfer data hanya mencoba 1 buah file sebesar 3.85GB dari SSD yang berbeda. Untuk fisiknya sendiri, V-Gen 512GB ini menggunakan kemasan plastik hitam.

Saya belum coba bongkar untuk melihat isi komponennya, hanya dari software HDSentinel, SSD V-Gen ini terbaca menggunakan chipset controller SM2258XT, sebuah chipset buatan SiliconMotion yang sayangnya adalah controller DRAMLess, tapi memang cukup cepat, lihat saja hasil pengujian dibawah, dan tentunya selama pemakaian, saya memang cukup nyaman dengan SSD ini.

Dari klaim V-Gen yang tertera di kemasan kecepatan Read sebesar 550MB/s dan  Write 470MB/s bisa dibilang sesuai atau sangat mendekati hasil benchmarknya. Bagaimana dengan kecepatan transfer file ?

Foto atas adalah hasil transfer dari SSD V-Gen ke SSD ADATA XPG SX6000 Lite 256GB (NVMe), dan foto bawah adalah sebaliknya, artinya atas adalah kecepatan Read, dan bawah adalah kecepatan Write. Silahkan simpulkan sendiri, menurut saya ini hasil yang bagus dan cukup stabil.

Oh ya dari awal hingga akhir tes, suhu SSD ini terbaca konstan 40°C, entah sensor yang tidak dikenali atau memang suhunya segitu-gitu aja, tapi memang dipegang gak terasa panas.

Untuk pengujian, saya menggunakan komputer dengan spesifikasi:

  • Prosesor Intel G6400
  • Motherboard Gigabyte H410M-H
  • SSD V-GEN SATA 512GB
  • SSD ADATA XPG SX6000 lite 256GB NVMe
  • DDR4 8GB 2666MHz
  • Windows 10 2004

Menurut pendapat saya pribadi, kekurangan SSD ini hanya ada di chipset controller yang masih DRAMLess, meskipun hasilnya ternyata menunjukkan kecepatan dan kestabilan yang baik, hanya saja beberapa konsumen agak kritis dengan hal yang satu ini. Sedang kelebihannya, Harga cukup murah, Service Center banyak tersebar dibanyak kota, Aftersales bagus, klaim garansi sangat mudah dan gak ribet (sampai saat ini), terkover Garansi 3 Tahun Ganti Unit dan mudah di temukan di toko offline maupun online.

Punya pengalaman dengan SSD VGEN 512GB? Share di komentar ya, atau jika ada masukan atau pertanyaan boleh juga di komentar.

Pertanyaan / Komentar / Review Anda