Pasang SSD NVME di Komputer Tanpa Slot M.2

Mungkinkah kita memasang atau menggunakan SSD NVME pada komputer atau motherboard yang tidak ada slot M.2 nya? Terutama pada komputer yang agak lama atau baru tapi versi low end? Alasannya apa ingin pasang SSD NVME ini?

Tehnologi NVMe memang menawarkan kecepatan storage yang super kencang jauh diatas SSD SATA / m.2 SATA, makanya wajar jika banyak yang ingin menggunakannya pada perangkat komputernya baik desktop maupun laptop. Meskipun SSD SATA biasa sudah kencang tapi beberapa pengguna masih kurang puas. Langsung saja ke pokok masalah :D, bagaimana caranya biar motherboard tanpa slot M.2 bisa dipasang SSD NVMe ini? Dibawah inilah beberapa alat tambahannya.

Gambar diatas adalah 3 jenis adapter dan sebuah SSD NVMe. Pada kebanyakan motherboard biasanya hanya ada slot PCIe x16 dan PCIe x1 saja. Sedangkan adapter diatas ada jenis PCIe x4 dan x1, sebenarnya beda fisik dan kecepatan saja, dari PCIe x1 – x16 saling kompatibel, maksudnya card PCIe x1 bisa dipasang di slot x4 maupun x16 yang biasanya untuk VGA. Dibawah ini contoh PC saya yang menggunakan adapter PCIe X1 + SSD NVMe yang terpasang pada slot PCIe x1.

Beberapa alasan memasang SSD NVME pada Komputer tanpa Slot M.2 adalah:

  • Peningkatan performa.
  • Slot SATA habis tapi ingin nambah kapasitas.
  • Pengin icip – icip tehnologi baru tapi budget tifis 😀
  • Lebih rapi tanpa kabel SATA / Power

PERHATIAN!!!

Ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan, bahwa tidak semua komputer bisa dipasang adapter ini dan langsung bekerja normal. Terutama pada komputer lama. Untuk generasi intel gen 6 keatas seharusnya bisa langsung plug n play, dan pada beberapa motherboard kelas atas intel haswell  sudah support boot dari pcie / nvme.

Jika tidak support beberapa caranya adalah dengan mod bios, alternatif lain adalah dengan aplikasi clover. Cara ini tidak saya sarankan sih kecuali maksa hahahah. Lagi pula performanya juga tidak maksimal jika menggunakan versi lama pci express, tidak terasa bedanya kalo dibanding SSD SATA dan biasanya SSD NVMe suhunya lebih tinggi dibanding SATA.

Pertanyaan / Komentar / Review Pembaca
  1. BiZzz
    7 Agustus 2021

    Mau tanya, saya pakai mobo ASUS H81M-C apakah bisa dipasang NVMe ya min, terus untuk boot apakah bisa jalan?

Pertanyaan / Komentar / Review Anda