Opsi Upgrade Pada Asus Pro P1440FB

Kali ini saya kedatangan laptop Asus P1440FB – FQ5810T dengan keluhan lemot dan kurang responsif. Padahal ini adalah jajaran laptop profesional atau kelas bisnis, yang cocoknya untuk kerja, jadi seharusnya performanya kencang.

Setelah saya cek ternyata spesifikasi standarnya masih menggunakan harddisk konvensional, meskipun spek lainnya cukup tinggi yakni, core i5-8265U, RAM 8GB, Dual Graphic Intel UHD 620 dan Nvidia MX110 dengan layar 14 inch fullhd (1920 x 1080 pixel).

Ya meskipun di tweak sampai maksimal pun, jika dibanding laptop dengan media penyimpanan utama SSD tentunya rasanya lebih lambat. Mau tidak mau laptop ini harus di upgrade minimal ke SSD.

Untungnya ASUS P1440FB ini menyediakan slot SSD M.2 NVMe dan ada slot RAM / Memory DDR4 untuk upgrade. Lengkapnya pilihan upgradenya sebagai berikut:

  1. SSD M.2 NVMe, jangan salah beli M.2 Sata ya.
  2. RAM bisa dipasang 16GB jadi total 24GB (8GB Onboard).
  3. Harddisk lama bisa juga diganti SSD SATA 2.5″ jika ingin media penyimpanan yang cepat dan lebih tahan goncangan, atau hanya ketemu SSD SATA biasa.
  4. DVDRW juga bisa diganti dengan SSD SATA dengan HDD Caddy jika masih kurang.

Poin no 3 tidak saya rekomendasikan kecuali sudah biasa bongkar pasang laptop, untuk poin 1 dan 2 relatif mudah, hanya buka 1 baut dibawah casing, tentunya harus berhati-hati. Oh ya untuk upgrade RAM bisa menggunakan DDR4 2400MHz atau PC19200, bisa juga diatasnya.

Tentunya tidak asal pasang lansgung jalan, setelah pasang SSD, bisa instal baru windowsnya atau migrasi dari harddisk, beberapa SSD seperti samsung menyediakan aplikasi migrasi OS gratis.

Pertanyaan / Komentar / Review Anda