Lenovo S200Z AIO PC Upgrade dan Spesifikasi

Jika Anda pemilik atau pengguna komputer All in One Lenovo S200Z dan merasa lambat, mungkin info ini bisa sebagai referensi untuk upgrade agar PC AIO ini lebih enak dipakai, meski hanya untuk sehari-hari.

Lenovo S200Z ini merupakan PC all in one dengan spesifikasi yang bisa dibilang kurang ok untuk jaman sekarang, apalagi mengingat OS Windows 10 yang terinstal memang menuntut spesifikasi yang lebih baik untuk bisa dibilang enak dipakai. Spesifikasi dasarnya adalah Prosesor Intel J3060 (celeron dual core), RAM 4GB dan Harddisk 500GB.

Setelah dibongkar untuk melihat komponen didalamnya terlihat seperti dibawah ini.

Di sebelah kanan adalah DVDRW, tengah bawah ada Harddisk 500GB berukuran 3,5 Inch, dan sebelah kiri ada motherboard yang tertempel wifi card dan slot ram 1 keping berupa DDR3L 4GB seperti dibawah ini.

Dari situs Intel, prosesor intel J3060 ini support hingga ram 8GB, jika ingin upgrade bisa dengan mengganti ram ini dengan 1 keping ram 8GB.

Untuk UPGRADE performa, paling hanya dengan mengganti media storage OS dan aplikasi dengan SSD. Bisa dengan mengganti harddisk yang terpasang dengan SSD 2.5 inch dengan ditambah braket ( atau bisa juga dengan menempelkan dengan lakban bolak balik sudah cukup aman, atau dengan mengganti DVDRW dengan SSD tentunya dengan hdd caddy ya, seperti ini.

Dengan cara terakhir ini, bisa dengan SSD 128GB saja sudah cukup ok untuk OS dan aplikasi dan harddisk tetap terpasang dan dijadikan tempat menyimpan data besar seperti foto-foto atau video. Untuk ukuran Caddynya adalah 9.5mm atau tipe slim.

Saya sendiri tidak mengclone OS yang sudah ada, tapi instal ulang dari awal. Windows bawaannya adalah Windows Home Single Language, jangan salah instal agar lisensi tetap aktif, jika salah pilih tidak bisa aktif, harus mengaktifkan lisensi lama sesuai versi lama atau beli baru sesuai dengan versi yang terinstal.

Sebagai info tambahan, di sisi samping S200Z ini ada port USB 3.0 2 buah, jack microfon dan sepaker atau headset, 6 in one card reader dan tombol power. Di bagian belakang ada port hdmi, jack power, port LAN dan port USB 2.0 2 buah. Ukuran layar adalay 19.5″ (1600 x 900) 16:9, Wide LED Backlit LCD, 200 nits, ada webcam dan juga ada Wifi a/c + bluetooth.

Pertanyaan / Komentar / Review Anda