Komplain / Open Dispute Pesanan di Aliexpress

Belanja online memang memiliki resiko selain berbagai kemudahan yang ditawarkan. Salah satu resikonya adalah ketidak-sesuaian kondisi dan keadaan barang, masalah di jasa pengiriman ataupun persoalan lainnya. Apalagi kalau barang dari luar negeri yang prosesnya cukup makan waktu seperti kalau belanja di Aliexpress.

Seperti saya ini baru-baru ini mengalami persoalan yang tidak terlalu serius, belanja barang hanya iseng aja sih, harga murah dengan harga $0,72 free shipping, dengan rate pada waktu beli harganya jadi Rp. 10.584. Setelah proses pengiriman berjalan beberapa hari entah mengapa status pengiriman berubah menjadi cancelled. Kenapa ya? Padahal Pengalaman Pertama Belanja di Aliexpress berjalan lancar tanpa kendala.

Entahlah, yang jelas saya langsung kirim PM ke seller alasannya, tapi jawabannya hanya menawarkan mau dikirim ulang atau refund, kalau kirim ulang minta waktu perpanjangan. Karena saya lagi cari pengalaman, saya minta refund saja, dan si penjual meminta untuk open dispute. Caranya?

Cara melakukan “Open Dispute” di Aliexpress cukup mudah dan prosesnya cepat. Buka saja daftar orderan, lalu pilih orderan yang mau di komplain, disitu ada link untuk “Open Dispute” seperti gambar diatas. Klik saja lalu isikan alasan dan bukti pendukung (jika barang sudah sampai tapi kondisi rusak sebaiknya lampirkan foto produknya). Lalu klik Submit ( atau apa saya lupa tidak screenshot heheh, pokoknya kirim).

Setelah terkirim, kamu juga bakal dapat email pemberitahuan tentang proses ini. Berapa lama prosesnya sampai uang dikembalikan ke kita?

Dari pengalaman pertama ini cukup cepat, dari proses awal open dispute sampai dana dikembalikan dan masuk ke rekening kartu kredit (kebetulan saya pakai kartu kredit visa dari BCA) sekitar 10 harian, oke lah tidak terlalu lama menurut saya sih, toh ini cuman iseng aja dan buat pengalaman.

Oh iya dana yang masuk dalam rupiah lebih kecil kemungkinan karena rate dolar yang lagi turun pas dibukukan oleh BCA. Dari Rp. 10.584 saat beli, menjadi Rp. 10.404 saat di refund selisih 180 perak 😀

Punya pengalaman tentang “Open Dispute” di Aliexpress juga? Silahkan sharing di komentar..

Pertanyaan / Komentar / Review Pembaca
  1. hermanto
    6 September 2019

    saya pesan barang dr aliexpress dgn 2 orderan. orderan pertama baru sampai kr mpc medan tgl 23 agustus 2019. orderan kedua sudah sampai sejak tgl 8 juli 2019. ketika saya tnykan kr kantorpos, katanya brg ditahan beacukai. saya diarahkan ke mpc kantor pos tanjung morawa. disana saya hanya diberikan alasan bahwa brg yg saya beli ditahan beacukai dan tidak bisa dikeluarkan karena kategorinya alat kesehatan. anehnya saya coba tracking di aplikasi beacukai, no resi tidak ditemukan. saya ingin tahu sebenarnya posisi barang saya ditahan beacukai atau pos? ini no resi saya, kak
    LL459898978CN dan LL493069327CN.
    terima kasih

    • Admin
      11 September 2019

      sesuai arahan aja gan, datengin kantor pos yg ditunjuk

  2. Rhusly Cakra
    27 Juli 2019

    Assalamualaikum, selamat pagi, mohon pencerahannya terkait kasus yang sy alami. Beberapa hari lalu saya melakukan pemesanan barang di Aliexpres dan setelah sy lakukan pembayaran penjualpun memproses barang pesanan sy dan sempat dikirimkan nomor pelacakan, namun setelah beberapa hari pihak penjual mengirim pesan bahwa pesanan saya dikembalikan dan tidak bisa dikirim karena ada kesalahan pengisian kode domestik bla…bla..bla… (saya kurang paham), sementara status pesanan saya tetap sementara dalam proses pengiriman. Kemudian pihak penjual menyarankan melakukan pemesanam kembali ttp sy tidak mau karena diminta melakukan pembayaran lagi. Saya ingin membatalkan pesanan agar uang sy kembali namun tidak ada pilihan pembatalan pemesanan krn status pengiriman dalam proses dan hanya ada dua pilihan yaitu tracking dan konfirmasi pesanan yang diterima. Mohon pencerahannya 🙏🙏🙏

  3. Dwi
    25 Juli 2019

    Halo kak saya mau tanya. Saya ada order barang di aliexpress. Aksesoris rambut. Harga masing2 ga sampai 50rb. Saya sudah lakukan pembayaran via DOKU. Sudah ada email konfirmmasi jg dr DOKU bahwa pembayaran sudah sukses. Tapi yang saya heran, kenapa orderan saya tidak muncul di list order akun aliexpress saya ya? Saya jadinya ga bisa lacak orderan saya sudah sampai mana. Apa ada solusi? Thankyou

  4. vilia
    8 Juli 2019

    kalau pembayarannya pakai doku wallet apa bisa masuk rekening ya kak? (kalau ga salah transfernya ke bank permata) dan saya bayarnya bkn pake kartu kredit.
    makasi

    • Tegar
      17 Juli 2019

      Saya sudah melakukan tranfer melalui doku wallet, akan tetapi status barang orderan saya kok jadi closed dan tidak ada pembayaran, itu bagaimana ya?

  5. Arata Akirra
    21 Juni 2019

    Saya belanja dialiexpress, sudah masuk ke Indonesia, namun ternyata sudah 10 hari lebih ditahan oleh bea cukai, apakah saya bisa mengajukan komplain dan merefund uang saya?

    • FRD
      25 Juni 2019

      kalo di bea cukai mau ga mau nunggu kabar dari bea cukainya , pernah sampe 2 bulan barang di tahan dan bolak balik ke pos indonesia, akhirnya minta kontak orang pos buat nunggu kabar dari cukainya..

  6. ronn
    17 Juni 2019

    halo kak. kan gini saya habis belanja di ali express trus saya udah nunggu beberapa hari(11hari) trus pas saya cek di app kok konfirmasi pemesanan yaa padahal barang masih belum saya terima dan pas saya cek terakhir kali barang masih baru masuk indonesia 1hari kemarin.
    minta solusinya kak, saya harus gimana ?

    terima kasih

    • Risq
      5 Juli 2019

      Cara ngecek sampai indonesia gimana ya gan.. Punya ane status tracking meninggalkan negara asal. Trus dari tanggal penerimaan barang uda harusnya diterima tapi sampai seminggu belum sampai. Pengen tau barang ane sampe mana ini ketelen bumi ato gimana

  7. Corneles Kindangen
    5 Juni 2019

    Saya beli sepatu cara olahraga sudah 2 bulan belum diterima

  8. Andro
    25 Mei 2019

    Status barang tertahan di cukai karena LARTAS. Kata seller kalau barang gak diterima, maka uang akan kembali 50%. Tpi gmn caranya komplain?

    • Admin
      26 Mei 2019

      untuk barang LARTAS sih saya ga pernah coba2, udah coba opendispute cara diatas kan?

Pertanyaan / Komentar / Review Anda