Cara Membagi file Install.WIM Menjadi Beberapa Bagian Kecil

Terkadang mungkin pembaca ingin memecah file Install.wim yang berukuran besar menjadi beberapa file ya setidaknya dibawah 4 GB agar bisa di copy ke media seperti flashdisk atau hardisk yang menggunakan format FAT atau FAT32.

Dalam kasus yang pernah saya alami sih untuk membuat installer windows 10 UEFI dimana harus boot dengan system FAT32, sementara file installer terdapat file Install.wim berukuran lebih dari 4GB. Untuk mengatasinya, maka file besar ini harus dibagi menjadi beberapa bagian lebih kecil seperti ini.

Caranya sangat mudah dan cukup menggunakan perintah DISM bawaan windows, tanpa perlu aplikasi tambahan lain. Berikut perintahnya di command prompt (ini harus RUN AS Administrator).

Dism /Split-Image /ImageFile:F:\sources\install.wim /SWMFile:D:\wimsplit\install.swm /FileSize:1000

F:\sources\install.wim adalah lokasi file install.wim, sesuaikan dengan drive dan foldernya, D:\wimsplit\install.swm adalah lokasi penyimpanan hasil file yg dibagi, berupa file install.smw, install2.swm dst dst, dalam hal ini saya sudah membuat folder wimsplit di drive D, sedangkan /FileSize:1000 itu ukuran pecahan file dalam MB, sesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin menggunakan flashdisk kecil atau cd lama yg berukuran 600-700mb tinggal sesuaikan ukurannya.

Setelah ini saya menghapus file install.wim dan mengganti dengan install.swm, install2.swm, install3.swm dst pada flashdisk installer. Pada proses instalasi windows, file ini akan digabung lagi, jika menggunakan beberapa media kecil seperti cdrom maka akan meminta disk2, disk 2 dst.

Pertanyaan / Komentar / Review Anda