Cara Downgrade Kartu Halo Paket Halo Kick

Ini adalah pengalaman saya mengganti paket telkomsel halo kick ke paket lain yang lebih murah, alias downgrade, mungkin beda kota dan beda paket bisa beda pengalaman / pelayanan ya. Saya cerita sedikit dari awal pemakaian ya. Jadi langganan paket halo kick saya memang bertahap, ditawarkan lewat telemarketing, dan kebetulan memang yang ditawarkan saya butuhkan jadi saya setuju.

Awal penggunaan telkomsel halo kick saya langganan paket termurah, kalo tidak salah yang 100rb / bulan, tentunya + ppn 10%, kemudian dihubungi telkomsel untuk upgrade ke paket diatasnya, dan kebetulan memang saya lagi agak sering upload diluar rumah jadi perlu koneksi data lebih besar, jadilah langganan paket 150rb / bulan, lagi-lagi + ppn 10% tentunya, ya minimal 165rb, tp penggunaan saya biasanya sih lebih, karena ga ada free telpon/sms ke operator lain.

Nah karena lagi jarang butuh data, seringnya konek wifi baik di rumah maupun diluar, jadi kepikiran untuk menurunkan paket halokick ini, agar lebih hemat.

TERNYATA AGAK RIBET

Pertama saya coba hubungi call center di 188, saya tanyakan apakah bisa downgrade paket halokick ke ke yang lebih murah atau nonaktifkan paket halo-kicknya sekalian via telpon saja? Ternyata tidak bisa, disarankan ke grapari terdekat. Saya tanya lewat twitter jawabannya sama. Ya sedikit terpaksa saya ke Grapari (di Purwokerto).

Ternyata CS Telkomsel di Grapari Purwokerto juga tidak bisa bantu sedikitpun, tidak bisa downgrade halokick yang lebih murah ato paket lainnya. Hanya saran pindah ke paket Minimal Usage (kalo tidak salah 60rb / bln + ppn), tapi, ini ternyata tidak bisa diproses di Grapari Purwokerto, katanya tidak ada kewenangan, aneh ya, saya pikir Grapari Telkomsel Purwokerto ini cukup besar, ternyata….

Pulang dengan agak kecewa, udah sedikit cape, makan waktu, ga berhasil hahhah..

TERNYATA GA PERLU KE GRAPARI

Beberapa hari selanjutnya saya iseng-iseng lagi, buka – buka aplikasi MyTelkomsel, lihat – lihat paketnya, Ada paket yang menurut saya lebih dari cukup untuk kebutuhan saat itu, ya paket Internet atau paket Flash 6GB yang isinya 2GB + Promo (kayaknya selamanya promo sih) 4GB All Network hanya 75 ribu per bulan, ditambah ppn 10 persen masih cukup murah dibanding paket lama saya yang halo kick 150 ribu.

Iseng saya klik tombol Buy Packages, eh ternyata bisa, kalo tidak salah ada keterangan, Anda akan mengaktifkan paket Flash bla bla bla, dulu ga saya screenshot, tapi intinya akan mengaktifkan paket baru ini, saya ok setuju dan ternyata langsung aktif. Ini tagihan terakhir saya pas lagi nulis ini.

Kesalahan saya adalah ga mikir kalo saat itu lagi pertengahan Billing Cycle, jadi tagihan bulan depan dobel, tagihan berjalan dan paket baru ini. Dan tagihan bulan berikutnya ternyata bener, paket halokick saya sudah lenyap diganti paket baru yang lebih murah, lumayan ga mubazir dan lebih hemat lebih dari 100rb hehehe. Dan buat pengalaman aja, ternyata ga perlu ke grapari, apalagi kalo bukan kota propinsi, ga bisa berharap banyak lah hehe maaf Telkomsel, saya tetap pelanggan setia koq.

Buat pembaca jika ada pengalaman mirip atau lain silahkan share di komentar, sapa tau bermanfaat buat yang lain, atau share tulisan ini ke teman yang membutuhkan infonya.

Pertanyaan / Komentar / Review Pembaca
  1. Nicholas Prathama Limalvin
    30 September 2020

    Jadi kalau mau ganti itu tanggal brp ya mas kira-kira? Soalnya per tanggal 10 reset paket. Sama kan limit saya kebetulan juga 150k dan paketnya sudah 150k jadi saya coba gabisa beli paket baru gitu. Mohon sarannya.

    • Admin
      5 Oktober 2020

      agak lupa si sebaiknya mepet sebelum atau sesudah BC 😀

  2. Iwan
    5 Juni 2020

    Saya juga pernah dapat tawaran upgrade seperti ini, dari halokick 100 rb ke 150rb. Tapi dengan alasan di rumah dan di kantor sudah pake wifi, saya tolak tawaran upgrade ini. Saya tetap bertahan di tarif 100rb. Selain paket data sudah sangat tercukupi, sy juga butuh kuota telepon sesama dan lintas operatornya.

Pertanyaan / Komentar / Review Anda