Benchmark SSD V-GEN SATA 128GB

V-Gen kini cukup terkenal dengan SSD-nya, dan saya kali ini akan sedikit membahas SSD 128GB V-Gen SATA yang cukup murah. Ini menggantikan SSD lama saya yang tiba-tiba mati saat dipakai, merk cukup terkenal dan masih garansi, hanya saja di kota saya tidak ada service center jadi prosesnya lewat pengiriman.

Singkat saja, ini beberapa info dasar ya, SSD jenis SATA berukuran 2.5 inch ini di kemasan tertulis kecepatan hingga 550MB/s read dan 477MB/s write.

Di HDSentinel terbaca SSD ini memiliki controller SM2258XT, sebuah controller dramless, dengan tehnologi HMB yang akan memperbaiki performa SSD meski tanpa buffer DRAM, bukan dramless lama.

Saya gunakan SSD ini untuk OS dan beberapa program terinstal, dengan TBW masih rendah berikut hasil benchmark dari aplikasi CrystalDisk Mark.

Coba bandingkan sendiri dengan klaim yang tertera di  kemasan diatas. Hampir mirip kan? Dan suhu SSD ini terdeteksi flat 40° celcius, di pegang memang dingin, tidak seperti SSD lama yang lagi sekarat.

Sekian dulu review super singkatnya, lain kali jika ada waktu saya coba-coba SSD VGEN 128GB ini untuk hal atau cara lain.

Sebagai info tambahan, ini di coba pada komputer dengan spesifikasi :

  • Prosesor Intel G6400 (HSF Standar)
  • Motherboard Gigabyte H410M-H
  • RAM Gigabyte DDR4 8GB PC2666
  • Power Supply FSP Raider 550W (psu lama :D)
  • OS Windows 10 1909 Build 18363.418

Jika ada pertanyaan, saran atau masukan silahkan di kolom komentar.

Pertanyaan / Komentar / Review Anda