Komplain / Open Dispute Pesanan di Aliexpress

Belanja online memang memiliki resiko selain berbagai kemudahan yang ditawarkan. Salah satu resikonya adalah ketidak-sesuaian kondisi dan keadaan barang, masalah di jasa pengiriman ataupun persoalan lainnya. Apalagi kalau barang dari luar negeri yang prosesnya cukup makan waktu seperti kalau belanja di Aliexpress.

Seperti saya ini baru-baru ini mengalami persoalan yang tidak terlalu serius, belanja barang hanya iseng aja sih, harga murah dengan harga $0,72 free shipping, dengan rate pada waktu beli harganya jadi Rp. 10.584. Setelah proses pengiriman berjalan beberapa hari entah mengapa status pengiriman berubah menjadi cancelled. Kenapa ya? Padahal Pengalaman Pertama Belanja di Aliexpress berjalan lancar tanpa kendala.

Entahlah, yang jelas saya langsung kirim PM ke seller alasannya, tapi jawabannya hanya menawarkan mau dikirim ulang atau refund, kalau kirim ulang minta waktu perpanjangan. Karena saya lagi cari pengalaman, saya minta refund saja, dan si penjual meminta untuk open dispute. Caranya?

Cara melakukan “Open Dispute” di Aliexpress cukup mudah dan prosesnya cepat. Buka saja daftar orderan, lalu pilih orderan yang mau di komplain, disitu ada link untuk “Open Dispute” seperti gambar diatas. Klik saja lalu isikan alasan dan bukti pendukung (jika barang sudah sampai tapi kondisi rusak sebaiknya lampirkan foto produknya). Lalu klik Submit ( atau apa saya lupa tidak screenshot heheh, pokoknya kirim).

Setelah terkirim, kamu juga bakal dapat email pemberitahuan tentang proses ini. Berapa lama prosesnya sampai uang dikembalikan ke kita?

Dari pengalaman pertama ini cukup cepat, dari proses awal open dispute sampai dana dikembalikan dan masuk ke rekening kartu kredit (kebetulan saya pakai kartu kredit visa dari BCA) sekitar 10 harian, oke lah tidak terlalu lama menurut saya sih, toh ini cuman iseng aja dan buat pengalaman.

Oh iya dana yang masuk dalam rupiah lebih kecil kemungkinan karena rate dolar yang lagi turun pas dibukukan oleh BCA. Dari Rp. 10.584 saat beli, menjadi Rp. 10.404 saat di refund selisih 180 perak 😀

Punya pengalaman tentang “Open Dispute” di Aliexpress juga? Silahkan sharing di komentar..

Pertanyaan / Komentar / Review Pembaca
  1. Alif
    20 Februari 2019

    Saya sudah cukup sering order di Ali dan selama ini nggak ada kendala sama sekali. Barang selalu sampai. Tapi, ketika order cukup banyak ketika Harbolnas nya Aliexpress sekitar November 2018, nah disitulah awal mula beruntun barang saya nggak ada yg sampai, sampai harus open dispute ke 5 toko. Seller minta saya utk cek ke local post officer. Nah yang di maksud, apakah kantor pos pusat di Jakarta atau di kota saya? karena saya cek resi via web EMS, nomor resi saya nggak ke tracking

  2. ade irawan
    13 Februari 2019

    saya baru pertama dan pemula order barang via aliexpres, orderan 25pcs tapi yang saya terima cuman 4pcs, d aplikasi saya sudah melaporkan keluhan by email dan by aplikasinya yg jelas d sni saya ingin uang saya kembali sesuai orderan yang saya gak terima. tapi belum ada balasan dr pihak aliexpres…. apakah uang sisa barang bisa kembali atau saya harus gimana? terima kasih

    • Admin
      14 Februari 2019

      sudah berapa hari prosesnya? beberapa seller lagi libur imlek kayaknya sampe akhir februari, klo dari pengalaman saya sih 10 harian selesai pada hari biasa / bukan musim libur.

  3. Boriz six
    6 Februari 2019

    Mau tanya dong, orderan saya sudah 2 bulan lebih tidak sampai juga ke tangan saya, sementara saya cek di aplikasi aliexpres semua sudah sampai di tujuan, tapi kenapa sampai di tujuan nya malah di daerah kendal? Sementara alamat saya sudah benar2 lengkap di daerah jakarta barat! Kalo begini saya harus bagaimana?

    • Admin
      6 Februari 2019

      coba chat sellernya, mungkin bisa dicari solusi terbaiknya, klo ga bisa ya open dispute aja, minta kirim ulang atau refund

    • Anditian
      13 Februari 2019

      Kalo paket sudah sampai di indonesia atau di kantor pos pusat daerah kita sebaiknya cek di sini: http://beacukai.go.id/barangkiriman
      Karena ada kemungkinan barang tertahan karena kurang informasi baik berupa alamat ataupun memerlukan dokumen tambahan, karena sepengalaman saya, pihak kantor pos hanya akan menghubungi kita jika paket kita memerlukan dokumen tambahan ataupun terkena pajak masuk (jika harga barang diatas $75).

  4. Boriz six
    19 Januari 2019

    Saya baru pertama kalinya mencoba belanja di aliexpres, saya ada order beberapa item dari tanggal 7 desember 2018, tapi kenapa sampai sekarang belum datang juga? Bahkan ada salah satu orderan saya status nya ( sudah sampai) apakah ada cara lain untuk pengecekan ordrran kita sudah sampai mana? Thanks

  5. Andi Sulaeman
    7 Januari 2019

    barang dierima pada orang lain di jakarta barat padahal saya di sulwesi selatan

Pertanyaan / Komentar / Review Anda