Belanja Lagi di Aliexpress, Apakah Kena Bea Masuk / Pajak?

Sekitar bulan april saya dengar selentingan info yang katanya beli berapapun dari luar negeri tetap kena bea masuk atau pajak, jadi kepikiran kalo harga barang cuman 10 – 20 rb trus free shipping kalo kena bea bisa-bisa beanya lebih tinggi dari harganya ga yah :D, penasaran juga akhirnya nyoba beli dan kebetulah memang lagi butuh barang yang memang produk luar, ga ada produk lokalnya, harganya ada yang 50 ribuan ada yang 200 ribuan, detilnya ada dibawah, gak sampe $100, bahkan masih dibawah 50 dolar, Saya coba beli 3 barang bareng dari 2 toko berbeda di aliexpress. Apakah kena bea masuk / pajak import?

Proses Pembelian Hingga Sampai Rumah

Saya beli 3 produk tersebut pada tanggal 21 Juni kemarin. Sebelumnya saya kontak lewat chat / message di aplikasi aliexpress tentang kesediaan barang dan ngetes secepat apa respon mereka. Yang 1 sangat cepat responnya, yang bawah itu 1 hari berikutnya baru respon, tapi gpp akhirnya sy fix tanggal 21 klik beli dan langsung bayar pake alipay yang sudah konek sama kartu kredit saya.

Oh iya 2 seller tersebut pake jasa ekspedisi berbeda, mungkin karena beda ukuran fisik produknya, yang 2 produk diatas pakai China Post Registered Air Mail ( bisa dilacak posisi barangnya ), sedang yang satunya China Post Ordinary Small Packet Plus (tidak bisa lacak posisi barang real time), hasilnya bagaimana?

Statusnya sangat berbeda, yang China Post Ordinary Small Packet Plus statusnya telat di dashboard aliexpressnya, sedang China Post Registered Air Mail bisa dilacak juga di situs ems kantorpos di http://ems.posindonesia.co.id

Tapi anehnya, keduanya sampai di rumah barengan, padahal yang Ordinary Small Packet Plus itu statusnya masih Departed country of origin. Jadi buat kamu kalo pake jasa ini, gak perlu khawatir terlalu lama, biasanya relatif sama koq dari pengalaman saya.

Kena Bea Masuk / Pajak Impor gak?

Seperti pesanan-pesanan saya sebelumnya, tetap tidak ada biaya apapun, alias free, jadi paket datang, diterima, udah. Ini sudah ke sekian kali saya belanja di aliexpress, awalnya saya ceritakan disini Pengalaman Pertama Belanja di Aliexpress.

Oh iya, saya juga lagi coba belanja di GearBest.com, belum sampai sih, pake free shippping juga yang ga ada info realtime, jadi di tunggu saja deh kabarnya, oh iya kapan-kapan juga mau coba belanja di BangGood.com. Kalo e-commerce lain semacam EBAY ato Amazon belum ada rencana sih, tapi mungkin saja nanti dicoba hehehe..

Punya pengalaman belanja di luar negeri? Sharing dong….